My Blog

Info Disain, berbagi pengetahuan, semua yang perlu kita ketahui, dll

Rabu, 24 Oktober 2012

WIREMESH

WIREMESH

PENGGUNAAN Jaringan kawat baja las BRC® sangat cocok untuk pelat-pelat beton,baik yang tergantung maupun yang terletak di  tanah.Tersedia untuk semua jenis pengeras jalan,dari pelat-pelat ringan tempat tinggal untuk memikul beben mobil penumpang dan pejalan kaki,pelat-pelat komersil di sekitar pabrik,sampai pelat-pelat berat di dalam gedung dan trotoar jalan raya.
  Penggunaan Jaringan Kawat Baja Las BRC® lainnya, mencakup baik dinding penahan maupun dinding pemikul beban di dalam gedung dan saluran saluran terbuka pembuangan air hujan dan irigasi.Memang, Jaringan Kawat Baja Las BRC® dapat di gunakan dimana saja pelat beton perlu di beri penulangan.

UKURAN-UKURAN STANDAR

Semua Jaringan Kawat Baja Las BRC® di buat di jakarta dan Surabaya dalam lembaran-lembaran standart, panjang 5,40 Meter dan Lebar 2,10.Jaringan Kawat utamanya berdiameter 6 mm atau kurang juga tersedia dalam gulungan, panjang 54,00 Meter dan lebar 2,10 meter.lihat tabel spesifikasi untuk perincian masing-masing produk.lembaran standart mempunyai luas 11,34 meter persegi.
 Ukuran-ukuran ini di buat guna memudahkan dalam pengangkutan baik di darat maupun di laut keseluruhan Indonesia,sebab dengan lebar jaring 2,10 meter ini,Jaringan Kawat Baja Las BRC® dapat di muat kedalam truk-truk ukuran besar. Untuk lebih aman dan mudah,baik dalam pengangkutan maupun pemasangan di tempat kerja,semua jaringan standart dibuat dengan kawat lintang nya terpotong rata pada sisinya.Pada Ujung-Ujung lembar standart,Juntaian Kawat ujung adalah separuh jarak antara kawat lintang;7,5 cm untuk jari 15x15 cm dan 10 cm untuk mata jaring 10x20 cm.
JARINGAN KAWAT BAJA LAS BRC® tersedia dalam lembaran dan gulungan standart dapat segera di peroleh dari persediaan.

UKURAN-UKURAN KHUSUS

       Selain mata jaring dalam lembaran dan gulungan standart yang dapat segeran di peroleh,Jaringan Kawat Baja Las BRC® dapat juga di buat khusus untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan rencana dan konstruksi tertentu.Lembaran sampai dengan lebar 2,60 meter dapat di buat tetapi hendaklah pengaturan pengangkutan di pertimbangkan sebelum lebar lembaran dipesan.
 Jika digunakan ukuran-ukuran khusu,pemotongan jaring di tempat kerja biasanya tidak perlu dilakukan lagi,jadi menghemat waktu dan mencegah pemborosan yang mahal.dengan senang hati staf kami akan menangani setiap permintaan tertentu,baik untuk  ukuran standart maupun ukuran khusus.

KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN

         Keuntungan Utama dalam menggunakan Jarigan Kawat Baja Las BRC® adalah mutunya yang tinggi dan konsisten yang terjamin bagi perencana,pemilik dan pemborong, di bandingkan dengan cara penulangan pelat lainnya.Karena semua kawat di tarik dan di uji dengan seksama,mutu bahan yang di pakai telah terjamin.Proses penarikan kawat tersebut akan menghasilkan kawat dengan penampang yang sangat merata.Keseragaman yanh sama itu tidak akan mungkin terdapat pada batang-batang canaian panas (besi beton) ketika Kawat di las kedalam jaringan kawat baja las BRC®, ia di dudukan tepat pada tempatnya,jadi jaringan akan slalui dilengkapi dengan jumlah kawat yang benar.Dengan demikian,perencanaan terjamin dan penelitian di tempat kerja dapat dikurangi



PENGHEMATAN

         Mutu yang tinggi dari Jaringan Kawat Baja Las BRC® memungkinkan yang di tetapkan sebelum nya.memenuhi standat KLAS U-50, Menghasilkan pengehematan biaya yang sangat berarti.Dengan Menggunakan tegangan ijin yang di usulkan sebesar 2.900 KG/Cm| tersebut. kita dapat memperoleh penghematan sampai separuh dari banyak nya penulangan.Dengan Perhitungan Harga Per kg jaringan kawat baja las  BRC®yang lebih tingi, biasa nya tetap terdapat penghematan biaya yang cukup bebarti pad akebanyakan proyek. Selain Penghematan matan, juga waktu pasang di hematkan,Karena Jaringan Kawat Baja Las BRC® di serahkan di tempat kerja dengan kawat telah di las tepat pada jarak-jarak yang di tetapkan sebelumnya. Selama Proses Pelaksanaannya baja lunak menimbulkan sisa yang tidak berharga.Kenyataannya,jumlah baja lunak yang dibeli, biasanya sekurang-kurangnya 5 persen lebih banyak yang terpakai, jadi hendaklah kita perhitungkan unsur sisa yang tidak berharga ini,Jika Membandingkan biaya baja lunak dengan Jaringan Kawat Baja Las BRC®.

 Disini Tercantum Tabel konversi untuk membandingkan perbedaan kebutuhan bahan Jaringan Kawat Baja Las BRC® dengan tegangan ijin sebesar 1.250 Kg/cm² Staf kami dengan senang hati akan membantu anda dalam perincian pembandingan apa saja dan biaya nya.

PENAHAN RETAK

      Kuat kampuh las yang tinggi yang di capai pada pembuatan Jaringan Kawat Baja Las BRC® telah kita bicarakan.kampuh-kampuh las ini bermanfaat sekali di gunakan untuk menjangkarkan tulang yang bersangkutan di dalam beton.batang - batang baja terpaksa semata-mata bergantung pada adhesi antara permukaan batang dengan beton, sedang JKBL BRC® menggunakan adhesi ini sebagai tambahan pada kampuh - kampuh las tersebut.Penjangkaran yang amat baik ini akan menguasai /mengendalikan jarak dan lebar setiap retak yang timbul di dalam beton ,sehingga retak-retak demikian akan tetap kecil,rapat tidak demikian akan tetap kecil,rapat tidak terlihat  dan juga tidak berbahaya. Penjangkaran yang di berikan oleh kampuh-kampuh las ini biasanya berarti bahwa kait-kait yang harus ada pada baja lunak tidak di perlukan lagi pada Jaringan kawat Baja Las BRC®.jadi Lagi-lagi di peroleh penghematan bahan,selain waktu dan tenaga yang dihemat pula karena tidak perlu.

 Berdasarkan Tabel Spesifikasi Jarigan Kawat Baja Las BRC® dan diagram di bwh harap perhatikan keterangan berikut ini. Baik Lembaran maupun gulungan telah di potong rata pada sisinya mempunyai juntaian pada kedua ujung yang panjang nya separuh jarak antar kawat lintang/bagi. Lebar lembarab standar diukur antara As-As Kawat pokok sebelah luar. Berat tiap Meterpersegi yang tercantum di hitung menurut juntaian sama panjang dalam dua jurusan. Berat tiap lembar atau gulungan telah di perhitungkan potongan rata pada sisi-sisi.

Luas Penampang Kawat berbagai jarak Jika anda memerluikan mata jaring khusus, daftar di bawah ini menunjukan luas penampang kawat yang diperoleh jika kawat berada pada jarak As-As yang di tentukan.Mata jaring yang di kehendaki dapat di buat.Mengganti Baja Lunak dengan Jaring Kawat Baja Las BRC® Tabel-tabel berikut ini memperlihatkan Jaring Kawat Baja Las BRC® yang setaraf (ekivalen) dan dapat dipergunakan untuk mengganti batang -batang baja lunak.kekuatan beton tidak berkurang,walaupun kuantitas bahan yang di pakai lebih sedikit.
ini disebabkan pada Jaring Kawat Baja Las BRC® di gunakan tegangan betas yang tinggi.
Untuk mencari luas Jaring Kawat Baja Las yang setaraf bati penulangan,gunakanlah rumus konversi sebagai berikut:

Luas Pembesian Ekivalen BRC®/m = (Luas pembesian yang ada) x teg.ijin besi
                                                                                 2.900
                                                                                           
Contoh :
Pembesian Lunak U 24
Tegangan Ijin : 1400Kg/cm²
0 10mm - 15cm : 5,24 CM²/m
Luas Pembesian ekivalen JKBL BRC® U-50
=5,24cm²/m² x 1400
              ---- = 2.53cm²/m²
              2900

Di gunakan : BRC® 07 mm- 15cm

Begitu Luas Jaring yang di perlukan diketahui,pilihlah jaring tersebut dari tabel spesifikasi
Rumus Konversi tsb di ats dapat di pakai untuk menghitung luas pembesian,JKBL BRC® yang ekivalen dengan berbagai macam mutu
baja penulangan beton sesuai dengan peraturan beton bertulang 1971.

MENGGANTI BAJA LUNAK U (-22) dengan JKBL BRC

Tegangan Ijin Jaring 2900 kg/cm² ( mutu U 50)
Tegangan Ijin Baja 1250 kg/cm² ( Mutu U 22 )

PERBANDINGAN NILAI-NILAI PENTING DALAM SATUAN-SATUAN TERPILIH

Ringkasan Berikut ini memungkinkan kita untuk membandingkan nilai-nilai penting tegangan kerja dan tegangan lumer antara berbagai
peraturan yang di tulis dalam satuan satuan yang berbeda.nilai-nilai yang tercantum adalah yang mendekati


PENJANGKARAN DAN TUMPANGAN (LAP)
Tegangan-Geser Kampuh Las

Pada Halaman 1 telah di uraikan bahwa tempat persilangan kawat-kawat Jaring Kawat Baja Las BRC® yang telah dilas dan di peroleh suatu tegangan geser
las sebesar 2500kg/cm².kampuh las ini di capai oleh suatu kombinasi tekanan,arus listrik dan waktu yang menimbulkan suatu fusi kawat-kawat yang bersang
kutan tanpa mengurangi sifat-sifat tarik di dalam kawt itu.

PENJANGKARAN DI DALAM BETON
BEGITU JKBL BRC® terbenam di dalam beton,penjangkaran yang di perlukan guna mendapatkan tegangan tarik di dalam kawat,dicapai
dengan terbenamnya kawat lintang yang bersangkutan.Dengan tegangan geser kampuh las tersebut di ats,satu kampuh las akan mencapai
paling sedikit separuh tegangan leleh dari antara kawat dan beton dapat di abaikan,kalau kita mempertimbangkan penjangkaran.
pembenaman dua kampuh las akan mencapai paling sedikit separuh tegangan leleh dari kawat yang di isyaratkan.jadi ikatan antara kawat dan beton
dapat di abaikan,kalau kita mempertimbangkan penjangkaran.Pembenaman dua kampuh las akan memberi paling sedikit tegangan leleh tersebut.

PERINCIAN TENTANG TUMPANGAN

Satu tumpangan akan memperoleh tegangan lelah separuh nya kalau lembar itu berhimpitan( overlap) sejauh kampuh las; di tambah sekurang
kurang nya 2,5cm.

Suatu celah tumpangan akan memperoleh separuh tegangan leleh jika lembar-lembar itu berhimpitan (overlap) dengan satu kawat,
ditambah paling sedikit 2,5 cm.

Tambahan sebesar 2,5 cm ini akan membantu agar beton tersebut dapat padat disekitar kawat-kawat itu.Persyaratan tumpangan
setengah kuat kadang kadang di izinkan bagi tumpangan-tumpangan tepi dalam pelat-pelat satu arah.Tetapi pabrikan dan pemborong
akan memerlukan petunjuk yang jelas dari perencanaan untuk mengetahui keadaan-keadaan demikian.

Jika tumpangan tidak ditentukan,kita harus menggunakan tumpangan satu mata jaring penuh.
JIka mempertimbangkan tumpangan,kita abaikan adanya setiap juntaian pada jaring yang bersangkutan.

LETAK TUMPANGAN (LAP)

Gambar di atas menunjukan bagaimana kita dapat memperoleh tumpangan berkekuatan penuh.namun lebih aman jika kita bisa mengusahakan
agar tumpangan ditempatkan di titik-titik yang bertegangan tarik tidak maksimum.

Letak yang di izinkan bagi tumpangan akan di tunjukan oleh insyur bangunan pada gambar-gambar yang bersangkutan.
Biasanya,bagi pelat-pelat bergantung,letak-letak ini akan berada di dekat penyangga bagi penulangan bagian bawah,dan direntangkan
tengah bagi penulangan atas(top).
Tumpangan di dalam lapisan atas jaring jangan diletakkan di dekat tumpangan di dalam lapisan dasar.
Semua tulang harus di pasang kembali dengan teliti dan kokok pada posisi masing-masing pengecoran di mulai.balok-balok beton
kecil(yang teleh di cetak sebelumnya), merupakan penjarak yang cocok untuk lapis dasar,atau pada pelat-pelat tanah,jika hanya di
gunakan satu lapis saja.
Penyangga dari kawat atau plastik,atau batangan-batangan pendek yang di bengkokkan kedalam betuk "Gawang" harus menopang lapisan
teratas,


PERENCANAAN PELAT-PELAT BETON LANTAI DAN PENGERAS JALAN

Jaring Kawat Baja Las BRC® baik sekali untuk digunakan sebagai penulangan pelat-pelat beton di atas tanah.perencaan pelat-pelat demikian
hendaklah di lakukan dengan seksasama.


Unsur-Unsur berikut ini Hendaklah di pertimbangkan

*Ukuran dan Frekwensi bebam
*Jenis Tanah Di Bawah Pelat,baik mengenai daya dukungnya maupun kemantapannya.
*Ada tidak nya air tanah.
*Adakah sarana pembuangan air+saluran.
*Kekuatan beton dan sarana pengeringan beton.
dapat kami berikan beberapa pedoman umum untuk merencanakan pelat secara praktis,asal saja pedoman ini di ikuti dengan seksama.
Seandainya ada di antara pedoman ini tidak dapat di ikuti,hendaklah minta bantuan seorang insinyur bangunan yang berpengalaman


PEDOMAN PELAKSANAAN PRAKTIS

1.Seluruh lapisan atas tanah yang mengandung bahan tumbuh-tumbuhan,akar atau benda-benda serupa,hendaklah dibuang.Dasar
2.Dasar harus kokoh dan kering
3.Sediakanlah di bawah pelat,suatu lapisan bahan butiran keras,setebal pelat itu sendiri.bahan ini harus berupa batuan itam,
  batu hancuran ini dengan menggilingnya.
4.Ratakan daerah sekitarnya menjauhi pelat sehingga permukaan air tidak akan merembesi permukaan di bwh nya.
5.BEton yang di gunakan harus berkekuatan harus menvapai kekuatan sebesar 15kg/cm².kekuatan ini biasanya dapat di peroleh dari campuran
  semen,pasir,batu hancuran bersama-sama dalam perbandingan 1:2:3 dan menggunakan airseperlunya saja.untuk menghasilkan 1 meter
  kunik beton,pakailah 400kg semen dan air jangan lebih dari 200 liter.
6.Beton harus di keringkan dengan selalu membasahinya sealama 7 hari setelah dicor.pelat tidak boleh di beri beban penuh sampai beton itu berusia 21 hari.
7.Di mana  tabel ini menyantumkan bahwa Jaring Kawat Baja Las BRC® harus di letakkan di bagian atas pelat,ini berarti bahwa
  Jaring Kawat Baja Las BRC® harus di letakkan 3 cm di bawah permukaan beton.kalau di dasar jaring di letakkan 4 cm diatas dasar pelat.
8.Pelat harus di cor seluas tidak boleh lebih dari 30 meter persegi,dan sambungan-sambungan nya tidak boleh lebih dari
  6 meter ke segala jurusan.
9.Untuk Truk-truk bermuatan berat,dan untuk pengeras jalan raya hendaklah di rancang pelat beton yang sesuai insinyur bangunan.
  demikian pula,di perlukan nasihat yang cocok untuk pembuatan lantai gedung-gedung di mana beban.yang tidak seragam.
 atau beban melampaui 12.000 kg/cm² dan bila forklif akan di gunakan.


PENAHAN RETAK

Jaring Kawat Baja Las BRC® akan menahan jarak dan lebar retak-retak yang timbul di dalam beton akibat susut awal,perubahan suhu
dan gerakan-gerakan kecil dari tanah.Mutu tinggi kawat yang di gunakan dan berfungsi nya kampuh las sebagai penjangakran positif,
bersama-sama menjaga tetap kecil nya dan rapatnya retak beton yang mungkin ada.
 Pada Sambungan pelat itu hendaklah di pasang batang-batang pasak di tengah-tengah pelat,sehingga dua pelat yang berdampingan
tidak akan saling bergerak turun.keluar dari posisi mereka.

Perincian Sambungan
Untuk Pelat sampai setebal 13cm,Gunakanlah batang pasak berdiameter 12mm.panjang 60cm,jaraj 25cn As-As
Untuk Pelat Beton Tebal 15 Cm sampai 20 cm,gunakanlah batang-batang pasak berdiameter 12mm,panjang 80cm.jarak 20cm As-As.

Contoh : Disarankan pelaksaan pengecoran beton bertulang di atas tanah tanah menurut sistim papan catur.

Wiremesh 1
Wiremesh 1
Wiremesh 2Wiremesh 2
Wiremesh 3
Wiremesh 3
Wiremesh 4
Wiremesh 4
Wiremesh 5
Wiremesh 5
Wiremesh 6
Wiremesh 6
wiremesh
wiremesh 
 
 info by  :  http://atapgalvalume-zincalume.com/pages/wiremesh/wiremesh.php
 

Tidak ada komentar: