WIREMESH
PENGGUNAAN Jaringan kawat baja las BRC® sangat cocok untuk pelat-pelat
beton,baik yang tergantung maupun yang terletak di tanah.Tersedia untuk
semua jenis pengeras jalan,dari pelat-pelat ringan tempat tinggal untuk
memikul beben mobil penumpang dan pejalan kaki,pelat-pelat komersil di
sekitar pabrik,sampai pelat-pelat berat di dalam gedung dan trotoar
jalan raya.
Penggunaan Jaringan Kawat Baja Las BRC® lainnya, mencakup baik dinding
penahan maupun dinding pemikul beban di dalam gedung dan saluran
saluran terbuka pembuangan air hujan dan irigasi.Memang, Jaringan Kawat
Baja Las BRC® dapat di gunakan dimana saja pelat beton perlu di beri
penulangan.
UKURAN-UKURAN STANDAR
Semua Jaringan Kawat Baja Las BRC® di buat di jakarta dan
Surabaya dalam lembaran-lembaran standart, panjang 5,40 Meter dan Lebar
2,10.Jaringan Kawat utamanya berdiameter 6 mm atau kurang juga tersedia
dalam gulungan, panjang 54,00 Meter dan lebar 2,10 meter.lihat tabel
spesifikasi untuk perincian masing-masing produk.lembaran standart
mempunyai luas 11,34 meter persegi.
Ukuran-ukuran ini di buat guna memudahkan dalam pengangkutan baik di
darat maupun di laut keseluruhan Indonesia,sebab dengan lebar jaring
2,10 meter ini,Jaringan Kawat Baja Las BRC® dapat di muat kedalam
truk-truk ukuran besar. Untuk lebih aman dan mudah,baik dalam
pengangkutan maupun pemasangan di tempat kerja,semua jaringan standart
dibuat dengan kawat lintang nya terpotong rata pada sisinya.Pada
Ujung-Ujung lembar standart,Juntaian Kawat ujung adalah separuh jarak
antara kawat lintang;7,5 cm untuk jari 15x15 cm dan 10 cm untuk mata
jaring 10x20 cm.
JARINGAN KAWAT BAJA LAS BRC® tersedia dalam lembaran dan gulungan standart dapat segera di peroleh dari persediaan.
UKURAN-UKURAN KHUSUS
Selain mata jaring dalam lembaran dan gulungan standart yang
dapat segeran di peroleh,Jaringan Kawat Baja Las BRC® dapat juga di buat
khusus untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan rencana dan konstruksi
tertentu.Lembaran sampai dengan lebar 2,60 meter dapat di buat tetapi
hendaklah pengaturan pengangkutan di pertimbangkan sebelum lebar
lembaran dipesan.
Jika digunakan ukuran-ukuran khusu,pemotongan jaring di tempat kerja
biasanya tidak perlu dilakukan lagi,jadi menghemat waktu dan mencegah
pemborosan yang mahal.dengan senang hati staf kami akan menangani setiap
permintaan tertentu,baik untuk ukuran standart maupun ukuran khusus.
KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN
Keuntungan Utama dalam menggunakan Jarigan Kawat Baja Las BRC®
adalah mutunya yang tinggi dan konsisten yang terjamin bagi
perencana,pemilik dan pemborong, di bandingkan dengan cara penulangan
pelat lainnya.Karena semua kawat di tarik dan di uji dengan seksama,mutu
bahan yang di pakai telah terjamin.Proses penarikan kawat tersebut akan
menghasilkan kawat dengan penampang yang sangat merata.Keseragaman yanh
sama itu tidak akan mungkin terdapat pada batang-batang canaian panas
(besi beton) ketika Kawat di las kedalam jaringan kawat baja las BRC®,
ia di dudukan tepat pada tempatnya,jadi jaringan akan slalui dilengkapi
dengan jumlah kawat yang benar.Dengan demikian,perencanaan terjamin dan
penelitian di tempat kerja dapat dikurangi
PENGHEMATAN
Mutu yang tinggi dari Jaringan Kawat Baja Las BRC® memungkinkan
yang di tetapkan sebelum nya.memenuhi standat KLAS U-50, Menghasilkan
pengehematan biaya yang sangat berarti.Dengan Menggunakan tegangan ijin
yang di usulkan sebesar 2.900 KG/Cm| tersebut. kita dapat memperoleh
penghematan sampai separuh dari banyak nya penulangan.Dengan Perhitungan
Harga Per kg jaringan kawat baja las BRC®yang lebih tingi, biasa nya
tetap terdapat penghematan biaya yang cukup bebarti pad akebanyakan
proyek. Selain Penghematan matan, juga waktu pasang di hematkan,Karena
Jaringan Kawat Baja Las BRC® di serahkan di tempat kerja dengan kawat
telah di las tepat pada jarak-jarak yang di tetapkan sebelumnya. Selama
Proses Pelaksanaannya baja lunak menimbulkan sisa yang tidak
berharga.Kenyataannya,jumlah baja lunak yang dibeli, biasanya
sekurang-kurangnya 5 persen lebih banyak yang terpakai, jadi hendaklah
kita perhitungkan unsur sisa yang tidak berharga ini,Jika Membandingkan
biaya baja lunak dengan Jaringan Kawat Baja Las BRC®.
Disini Tercantum Tabel konversi untuk membandingkan perbedaan kebutuhan
bahan Jaringan Kawat Baja Las BRC® dengan tegangan ijin sebesar 1.250
Kg/cm² Staf kami dengan senang hati akan membantu anda dalam perincian
pembandingan apa saja dan biaya nya.
PENAHAN RETAK
Kuat kampuh las yang tinggi yang di capai pada pembuatan Jaringan
Kawat Baja Las BRC® telah kita bicarakan.kampuh-kampuh las ini
bermanfaat sekali di gunakan untuk menjangkarkan tulang yang
bersangkutan di dalam beton.batang - batang baja terpaksa semata-mata
bergantung pada adhesi antara permukaan batang dengan beton, sedang JKBL
BRC® menggunakan adhesi ini sebagai tambahan pada kampuh - kampuh las
tersebut.Penjangkaran yang amat baik ini akan menguasai /mengendalikan
jarak dan lebar setiap retak yang timbul di dalam beton ,sehingga
retak-retak demikian akan tetap kecil,rapat tidak demikian akan tetap
kecil,rapat tidak terlihat dan juga tidak berbahaya. Penjangkaran yang
di berikan oleh kampuh-kampuh las ini biasanya berarti bahwa kait-kait
yang harus ada pada baja lunak tidak di perlukan lagi pada Jaringan
kawat Baja Las BRC®.jadi Lagi-lagi di peroleh penghematan bahan,selain
waktu dan tenaga yang dihemat pula karena tidak perlu.
Berdasarkan Tabel Spesifikasi Jarigan Kawat Baja Las BRC® dan diagram
di bwh harap perhatikan keterangan berikut ini. Baik Lembaran maupun
gulungan telah di potong rata pada sisinya mempunyai juntaian pada kedua
ujung yang panjang nya separuh jarak antar kawat lintang/bagi. Lebar
lembarab standar diukur antara As-As Kawat pokok sebelah luar. Berat
tiap Meterpersegi yang tercantum di hitung menurut juntaian sama panjang
dalam dua jurusan. Berat tiap lembar atau gulungan telah di
perhitungkan potongan rata pada sisi-sisi.
Luas Penampang Kawat berbagai jarak Jika anda memerluikan mata jaring
khusus, daftar di bawah ini menunjukan luas penampang kawat yang
diperoleh jika kawat berada pada jarak As-As yang di tentukan.Mata
jaring yang di kehendaki dapat di buat.Mengganti Baja Lunak dengan
Jaring Kawat Baja Las BRC® Tabel-tabel berikut ini memperlihatkan Jaring
Kawat Baja Las BRC® yang setaraf (ekivalen) dan dapat dipergunakan
untuk mengganti batang -batang baja lunak.kekuatan beton tidak
berkurang,walaupun kuantitas bahan yang di pakai lebih sedikit.
ini disebabkan pada Jaring Kawat Baja Las BRC® di gunakan tegangan betas yang tinggi.
Untuk mencari luas Jaring Kawat Baja Las yang setaraf bati penulangan,gunakanlah rumus konversi sebagai berikut:
Luas Pembesian Ekivalen BRC®/m = (Luas pembesian yang ada) x teg.ijin besi
2.900
Contoh :
Pembesian Lunak U 24
Tegangan Ijin : 1400Kg/cm²
0 10mm - 15cm : 5,24 CM²/m
Luas Pembesian ekivalen JKBL BRC® U-50
=5,24cm²/m² x 1400
---- = 2.53cm²/m²
2900
Di gunakan : BRC® 07 mm- 15cm
Begitu Luas Jaring yang di perlukan diketahui,pilihlah jaring tersebut dari tabel spesifikasi
Rumus Konversi tsb di ats dapat di pakai untuk menghitung luas pembesian,JKBL BRC® yang ekivalen dengan berbagai macam mutu
baja penulangan beton sesuai dengan peraturan beton bertulang 1971.
MENGGANTI BAJA LUNAK U (-22) dengan JKBL BRC
Tegangan Ijin Jaring 2900 kg/cm² ( mutu U 50)
Tegangan Ijin Baja 1250 kg/cm² ( Mutu U 22 )
PERBANDINGAN NILAI-NILAI PENTING DALAM SATUAN-SATUAN TERPILIH
Ringkasan Berikut ini memungkinkan kita untuk membandingkan nilai-nilai
penting tegangan kerja dan tegangan lumer antara berbagai
peraturan yang di tulis dalam satuan satuan yang berbeda.nilai-nilai yang tercantum adalah yang mendekati
PENJANGKARAN DAN TUMPANGAN (LAP)
Tegangan-Geser Kampuh Las
Pada Halaman 1 telah di uraikan bahwa tempat persilangan kawat-kawat
Jaring Kawat Baja Las BRC® yang telah dilas dan di peroleh suatu
tegangan geser
las sebesar 2500kg/cm².kampuh las ini di capai oleh suatu kombinasi
tekanan,arus listrik dan waktu yang menimbulkan suatu fusi kawat-kawat
yang bersang
kutan tanpa mengurangi sifat-sifat tarik di dalam kawt itu.
PENJANGKARAN DI DALAM BETON
BEGITU JKBL BRC® terbenam di dalam beton,penjangkaran yang di perlukan guna mendapatkan tegangan tarik di dalam kawat,dicapai
dengan terbenamnya kawat lintang yang bersangkutan.Dengan tegangan geser
kampuh las tersebut di ats,satu kampuh las akan mencapai
paling sedikit separuh tegangan leleh dari antara kawat dan beton dapat di abaikan,kalau kita mempertimbangkan penjangkaran.
pembenaman dua kampuh las akan mencapai paling sedikit separuh tegangan
leleh dari kawat yang di isyaratkan.jadi ikatan antara kawat dan beton
dapat di abaikan,kalau kita mempertimbangkan penjangkaran.Pembenaman dua
kampuh las akan memberi paling sedikit tegangan leleh tersebut.
PERINCIAN TENTANG TUMPANGAN
Satu tumpangan akan memperoleh tegangan lelah separuh nya kalau lembar
itu berhimpitan( overlap) sejauh kampuh las; di tambah sekurang
kurang nya 2,5cm.
Suatu celah tumpangan akan memperoleh separuh tegangan leleh jika lembar-lembar itu berhimpitan (overlap) dengan satu kawat,
ditambah paling sedikit 2,5 cm.
Tambahan sebesar 2,5 cm ini akan membantu agar beton tersebut dapat padat disekitar kawat-kawat itu.Persyaratan tumpangan
setengah kuat kadang kadang di izinkan bagi tumpangan-tumpangan tepi dalam pelat-pelat satu arah.Tetapi pabrikan dan pemborong
akan memerlukan petunjuk yang jelas dari perencanaan untuk mengetahui keadaan-keadaan demikian.
Jika tumpangan tidak ditentukan,kita harus menggunakan tumpangan satu mata jaring penuh.
JIka mempertimbangkan tumpangan,kita abaikan adanya setiap juntaian pada jaring yang bersangkutan.
LETAK TUMPANGAN (LAP)
Gambar di atas menunjukan bagaimana kita dapat memperoleh tumpangan
berkekuatan penuh.namun lebih aman jika kita bisa mengusahakan
agar tumpangan ditempatkan di titik-titik yang bertegangan tarik tidak maksimum.
Letak yang di izinkan bagi tumpangan akan di tunjukan oleh insyur bangunan pada gambar-gambar yang bersangkutan.
Biasanya,bagi pelat-pelat bergantung,letak-letak ini akan berada di
dekat penyangga bagi penulangan bagian bawah,dan direntangkan
tengah bagi penulangan atas(top).
Tumpangan di dalam lapisan atas jaring jangan diletakkan di dekat tumpangan di dalam lapisan dasar.
Semua tulang harus di pasang kembali dengan teliti dan kokok pada posisi masing-masing pengecoran di mulai.balok-balok beton
kecil(yang teleh di cetak sebelumnya), merupakan penjarak yang cocok
untuk lapis dasar,atau pada pelat-pelat tanah,jika hanya di
gunakan satu lapis saja.
Penyangga dari kawat atau plastik,atau batangan-batangan pendek yang di
bengkokkan kedalam betuk "Gawang" harus menopang lapisan
teratas,
PERENCANAAN PELAT-PELAT BETON LANTAI DAN PENGERAS JALAN
Jaring Kawat Baja Las BRC® baik sekali untuk digunakan sebagai
penulangan pelat-pelat beton di atas tanah.perencaan pelat-pelat
demikian
hendaklah di lakukan dengan seksasama.
Unsur-Unsur berikut ini Hendaklah di pertimbangkan
*Ukuran dan Frekwensi bebam
*Jenis Tanah Di Bawah Pelat,baik mengenai daya dukungnya maupun kemantapannya.
*Ada tidak nya air tanah.
*Adakah sarana pembuangan air+saluran.
*Kekuatan beton dan sarana pengeringan beton.
dapat kami berikan beberapa pedoman umum untuk merencanakan pelat secara praktis,asal saja pedoman ini di ikuti dengan seksama.
Seandainya ada di antara pedoman ini tidak dapat di ikuti,hendaklah minta bantuan seorang insinyur bangunan yang berpengalaman
PEDOMAN PELAKSANAAN PRAKTIS
1.Seluruh lapisan atas tanah yang mengandung bahan tumbuh-tumbuhan,akar atau benda-benda serupa,hendaklah dibuang.Dasar
2.Dasar harus kokoh dan kering
3.Sediakanlah di bawah pelat,suatu lapisan bahan butiran keras,setebal pelat itu sendiri.bahan ini harus berupa batuan itam,
batu hancuran ini dengan menggilingnya.
4.Ratakan daerah sekitarnya menjauhi pelat sehingga permukaan air tidak akan merembesi permukaan di bwh nya.
5.BEton yang di gunakan harus berkekuatan harus menvapai kekuatan
sebesar 15kg/cm².kekuatan ini biasanya dapat di peroleh dari campuran
semen,pasir,batu hancuran bersama-sama dalam perbandingan 1:2:3 dan menggunakan airseperlunya saja.untuk menghasilkan 1 meter
kunik beton,pakailah 400kg semen dan air jangan lebih dari 200 liter.
6.Beton harus di keringkan dengan selalu membasahinya sealama 7 hari
setelah dicor.pelat tidak boleh di beri beban penuh sampai beton itu
berusia 21 hari.
7.Di mana tabel ini menyantumkan bahwa Jaring Kawat Baja Las BRC® harus di letakkan di bagian atas pelat,ini berarti bahwa
Jaring Kawat Baja Las BRC® harus di letakkan 3 cm di bawah permukaan
beton.kalau di dasar jaring di letakkan 4 cm diatas dasar pelat.
8.Pelat harus di cor seluas tidak boleh lebih dari 30 meter persegi,dan sambungan-sambungan nya tidak boleh lebih dari
6 meter ke segala jurusan.
9.Untuk Truk-truk bermuatan berat,dan untuk pengeras jalan raya hendaklah di rancang pelat beton yang sesuai insinyur bangunan.
demikian pula,di perlukan nasihat yang cocok untuk pembuatan lantai gedung-gedung di mana beban.yang tidak seragam.
atau beban melampaui 12.000 kg/cm² dan bila forklif akan di gunakan.
PENAHAN RETAK
Jaring Kawat Baja Las BRC® akan menahan jarak dan lebar retak-retak yang timbul di dalam beton akibat susut awal,perubahan suhu
dan gerakan-gerakan kecil dari tanah.Mutu tinggi kawat yang di gunakan
dan berfungsi nya kampuh las sebagai penjangakran positif,
bersama-sama menjaga tetap kecil nya dan rapatnya retak beton yang mungkin ada.
Pada Sambungan pelat itu hendaklah di pasang batang-batang pasak di tengah-tengah pelat,sehingga dua pelat yang berdampingan
tidak akan saling bergerak turun.keluar dari posisi mereka.
Perincian Sambungan
Untuk Pelat sampai setebal 13cm,Gunakanlah batang pasak berdiameter 12mm.panjang 60cm,jaraj 25cn As-As
Untuk Pelat Beton Tebal 15 Cm sampai 20 cm,gunakanlah batang-batang pasak berdiameter 12mm,panjang 80cm.jarak 20cm As-As.
Contoh : Disarankan pelaksaan pengecoran beton bertulang di atas tanah tanah menurut sistim papan catur.
Wiremesh 1 | Wiremesh 3 | |
Wiremesh 4 | Wiremesh 5 | Wiremesh 6 |
wiremesh |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar